Mandi Ala Putri

Dalam budaya Jawa, kecantikan seorang wanita ditentukan dari kualitas diri yang terpancar dari kesehatan tubuh dan kebaikan hati. Untuk mencapainya, seorang wanita harus mampu memaksimalkan panca indera mereka yang disebut dengan nama-nama ini dalam bahasa Jawa:

– Smara Ini (indera penglihatan)
– Smara Waruga (indera pendengaran)
– Smara Wara (indera pengecap)
– Smara Sutra (indera perasa)
– Smara Arum (indera penciuman)

Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa di coba untuk memancarkan kecantikan diri ala putri Jawaūüôā …

images (35)

1. Pertama, mandi dengan air rendaman bunga yang telah didiamkan selama semalam. Bunga yang bisa digunakan antara lain adalah mawar merah, melati, kenanga, irisan daun pandan, dan kaca piring. Pada tahap ini, kita¬†bisa memaksimalkan ‘asmarawaruga’ dengan menyetel music gendhing Jawa dengan tabuhan gamelan yang menenangkan. Sambil berendam, tidak lupa kita¬†bisa menempelkan irisan timun dingin pada mata untuk memaksimalkan asmaraini.

images (40)

2. Kemudian, lakukan scrub dengan bahan alami yakni luluran, lalu untuk memberikan kelembaban dan kilau¬†alami pada kulit tubuh gunakan parutan kelapa sebagai finishingnya. Sambil melakukan scrub, uapi ruangan dengan harus aromaterapi untuk memaksimalkan ‘asmararum’.

unduhan (10)

3. Bilas tubuh dengan air suam-suam kuku lalu lanjutkan dengan air dingin. Setelah selesai, minumlah segelas jamu daun sirih dan parem untuk memaksimalkan ‘asmarawara’ sekaligus menyehatkan bagian kewanitaan.

images (36)

4. Setelah selesai mandi, balut tubuh dengan batik¬†sutra atau kain lembut lainnya yang telah didinginkan dengan cara memasukkannya ke dalam toples dan menyimpannya di lemari es. Ini bertujuan untuk memaksimalkan ‘asmarasutra’.

images (41)

***

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: